Cara Budidaya Ikan Belida Dengan Mudah

Sesuai reques berasal dari bos Indra Eska Kurniawan, Insya Allah hari ini bakal mengupas tentang ikan belida.

Ikan belida merupakan type ikan air tawar yang amat unik. Sebagai ikan hias, ikan ini miliki corak yang indah seperti ikan hias pada umumnya. Bahkan nyaris tidak miliki nilai lebih berasal dari faktor warna sebagai ikan hias.

Cara Budidaya Ikan Belida

Dari faktor kelincahan seperti ikan hias pada aquarium lainnya, ikan ini tergolong memadai tenang dan banyak diam di basic aquarium.

Namun berasal dari faktor wujud merupakan type ikan yang tergolong kategori ikan unik. Badannya pipih bersama punggung yang menjulang tinggi seperti bukit. Belida terhitung dikenal bersama nama ikan knife fish yang artinya ikan yang berupa seperti pisau.

Selain keunikan wujud tubuhnya, yang menjadikan ikan belida ikan hias adalah gara-gara tambah langkanya belida ditemukan dihabitat asalnya.

Harga ikan belida disetiap wilayah amat berbeda-beda bergantung jenis, ukuran dan tingkat sukar tidaknya para penjual ikan hiasa mendapatkannya.

Pada kebanyakan untuk anakan yang ukurannya 10 cm sanggup meraih Rp.30.000 / ekor dan ikan belida beratnya udah 3 kg sanggup dihargai kira-kira Rp.900.000 / ekornya. Untuk ikan belida bersama ukuran 50-60 cm harga jualnya meraih 200-300 ribu rupiah per ekornya.


Jenis-jenis ikan Belida

1. Ikan Belida Bangkok

Ikan belida bangkok bersama tanda-tanda tubuhnya pipih diselimuti warna perak abu-abu, yang menarik berasal dari belida bangkok ini adalah totol-totol hitam yang besar yang membentang hingga ke ekor. Panjangnya sanggup meraih 90 cm dan terhitung tersebar di Birma dan India.


2. Ikan Belida Afrika

Ikan belida Afrika panjang tubuhnya sanggup meraih 60 cm, yang mana type ini tersebar di Afrika barat, terasa berasal dari Kamerun hingga Zaire. Ikan belida Afrika amat sama bersama ikan Salmon apalagi yang tetap muda.

Warna tubuhnya dihiasi garis-garis hitam tidak tipis yang tak beraturan, seperti sebuah lukisan batik. Akan namun seiring berjalannya saat dan ikan belida Afrika ini tambah besar maka lukisan batik yang indah ini memudar dan pada selanjutnya menghilang.


Setelah itu punggungnya berubah menjadi polos dan pada bagian lainnya berubah menjadi totol-totol hitam.


3. Ikan Belida Lokal

Jenis ikan Belida yang ini adalah yang paling polos warna tubuhnya, yaitu abu-abu kehitaman. Hanya saja pada saat tetap muda bertotol hitam dan kecil-kecil dan menghilang bersama sendirinya pada saat dewasa.

Ikan Belida ditemukan di perairan tawar dan payau di Afrika dan Asia Tenggara. Di Indonesia ikan belida tersebar di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa Barat.

Manfaat ikan belida bagi kehidupan manusia adalah sebagai bahan baku untuk mengakibatkan kemplang, yaitu type kerupuk khas berasal dari Palembang. Dahulu ikan belida terhitung dipakai untuk pembuatan pempek bakal namun pada saat ini diganti bersama tenggiri.

Makanan ikan belida di habitat asalnya adalah ikan-ikan kecil, udang, katak, dan terhitung krustasea. Karena ikan ini adalah predator, maka kebanyakan umpan ikan belida yang dipakai para mancing mania adalah umpan hidup.

Karena ikan belida adalah ikan yang aktif di malam hari, maka untuk memancing ikan belida ini yang biasa ditunaikan oleh para pemancing adalah kira-kira pukul 5 sore hingga malam hari.

Ikan belida menyukai perairan bersama vegetasi yang tinggi sebagai daerah berlindung. Dan terhitung dihabitat asalnya ikan belida hidup pada tepi-tepi sungai dan kebanyakan bersembunyi pada batang-batang kayu yang tenggelam dan juga akar-akar pohon di pinggir sungai.

Hidup ikan belida senang menyendiri, tidak bakal ubah daerah lain sepanjang dia terasa nyaman dan tidak ada pengganggu yang mengusik tempatnya.

Saat ini ikan belida udah amat jarang ditemukan dihabitat asalnya dan terhitung dalam kategori ikan yang terancam punah.

Bagi yang idamkan membudidayakan ikan belida, sebaiknya pemijahan ditunaikan pada saat masim penghujan. Di kehidupan asal daerah ikan belida tinggal kebanyakan meletakan telur-telurnya pada batang pohon yang berada pada kedalaman lebih berasal dari 1 meter.

Nah, dalam rangka budidaya ikan belida terhitung kudu ada daerah untuk menempelkan telur-telurnya. Seperti seandainya batang bambu atau papan.

Untuk membedakan ikan belida jantan dan ikan belida betina caranya bersama mengamati tanda-tanda sebagai selanjutnya :

Ciri-ciri ikan belida jantan :

Mempunyai sirip perut yang lebih panjang berasal dari pada betina dan juga menutupi bagian urogenital.

Tubuh jantan lebih kecil dibandingkan ikan belida betina 

Alat kelamin bentuknya tabung

Jantan yang udah siap pijah cirinya alat kelamin memerah dan seandainya diurut mengeluarkan cairan berwarna putih

Ciri-ciri ikan belida betina :

Sirip perut pendek dan tidak menutup bagian urogenital

Alat kelamin bentuknya bulat

Ciri-ciri ikan belida betina siap pijah perutnya membesar dan alat kelaminnya memerah.

Untuk pemeliharaan dan menetaskan telur-telur ikan belida, derajat pembuahan berkisar 30-100% sedang derajat penetasan 72,2% dan intasan (survival rate) larva adalah 64,2%.

Jumlah telur-telur ikan belida sanggup nampak berasal dari indukan betina tidak cukup lebih pada 260-6080 butir. Sedangkan larva bakal menetas pada suhu 29-30 derajat celcius saat yang dibutuhkan tidak cukup lebih 3-5 hari atau 72-120 jam.

Jika larva udah menetas dan udah berumur 3 hari mereka udah sanggup memakan artemia. Sedangkan dikala benih berumur 1 bulan udah sanggup didederkan di aquarium.

Setelah 1 bulan pada aquarium, benih siap didederkan pada kolam dan dikala panjang ikan udah meraih ukuran 15 cm, benih siap untuk pembesaran.


Cara Merawat Ikan Belida

Melihat ikan hias tumbuh sehat dan sempurna di dalam aquarium adalah impian tiap-tiap hobis ikan hias. Begitu terhitung bersama ikan hias belida. Maka berasal dari itu dibutuhkan tips bagaimana cara melindungi ikan hias belida ini.

Untuk pertama kali yang dibutuhkan untuk melindungi ikan belida adalah sebagai selanjutnya :

Aquarium besar, ukuran yang paling ideal 2 x 1,5 meter. Isi bersama air yang ketinggiannya 30 hingga 45 cm.

Jaga suhu air aquarium selalu kira-kira 24-28 derajat Celcius

pH air adalah 6,2

Beri aquarium kayu-kayuan yang berserakan atau tumbuhan untuk daerah sembunyi ikan belida

Berilah pakan secara tertata 2 kali sehari, pagi dan sore hari. Udang kecil yang tetap hidup dan anak-anak ikan mas yang tetap kecil adalah makanan ikan belida yang paling disukai.

Campur ikan belida bersama ikan hias predator yang seukuran.

Demikianlah artikel kali ini, semoga berfaedah bagi pembaca setia blog ini. Insya Allah kedepannya saya bakal menyajikan postingan-postingan tentang budidaya ikan belida yang memang udah memadai langka. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Ikan Belida Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel