Contoh Surat Penagihan Hutang Piutang (Resmi)

Contoh Surat Penagihan Hutang Piutang/ Kredit (Resmi) - Dalam hutang piutang kadangkala tidak selalu berlangsung mulus layaknya apa yang diinginkan. Ada kalanya pihak peminjam (debitur) memenuhi jadwal pembayaran atau laksanakan pelunasan utang tepat waktu, namun, ada juga peminjam yang harus untuk diingatkan tentang jadwal pembayaran (pinjaman yang udah jatuh tempo) yang udah disepakati sebelumnya.

Jika pihak peminjam lupa atau lalai dalam laksanakan pembayaran atas hutang, maka sebagai pihak kreditur (pemberi pinjaman) seharusnya mengingatkan peminjam, dengan pengingat yang sanggup bersifat lisan maupun tertulis.


Contoh Cara Penulisan Surat Penagihan dan Peringatan

Dibawah ini merupakan tidak benar satu misal format penulisan surat penagihan dan peringatan atas hutang piutang yang udah jatuh tempo dengan format resmi. Terkadang kami bisa saja mendapatkan surat penagihan dengan format SP1, SP2 dan SP3 yang umumnya dikeluarkan oleh Bank maupun lembaga keuangan type lain, hal itu juga sah-sah saja untuk dilakukan.

Anda juga sanggup memengaruhi format di bawah sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Sekedar catatan jikalau kamu merupakan wakil dari lembaga jangan lupa untuk mencantumkan logo lembaga beserta alamat pada Kop/ kepala surat. Jika tetap ada yang tidak cukup memahami silakan meninggalkan komentar pada kolom di bawah artikel ini. Semoga bermanfaat..


-----------------------------------------------------------------------------------------------------


             No      : B 142 /KC-II/05/2015                                    Solo, 1 Mei 2015

             Lamp  : -

            Hal     : Tunggakan Kewajiban      


Kepada Yth

Sdr  Yunaike Khristianingtyas

Jl Raya Sambigede No.31 Kota Solo


Surat Penagihan dan Peringatan


Merujuk perjanjian hutang piutang yang udah dijalankan pada tanggal 1 Februari 2015 yang lalu, maka dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:


1.  Sesuai perjanjian hutang piutang yang tercatat bahwa fasilitas utang Sdr dengan udah jatuh tempo pembayaran dan bunga pada tanggal 30 Maret 2015, tapi  hingga hari ini saudara belum juga sanggup selesaikan semua kewajiban tersebut.


2. Bersama ini kami beritahukan bahwa kewajiban  yang harus saudara selesaikan hingga dengan tanggal 30-03-2015 bersifat tunggakan pokok (pinjaman) dan bunga adalah sbb:


a.   Pokok utang                      : Rp.19.000.000,-

b.   Bunga utang                      : Rp.     190.000,- (+)

                           Total Pinjaman                        : Rp.19.190.000,-

3.   Sehubungan dengan hal tersebut di atas mengingat kewajiban tunggakan utang dan bunga tersebut hingga dengan saat ini belum saudara selesaikan maka dengan ini di harapkan kehadiran saudara untuk selesaikan masalah tersebut pada :


Hari tgl            : Jumat, 2 Mei 2015

Pukul               : 09.00WIB

Tempat            : Koperasi Sehat Sentosa Cabang Solo Jl. Letjend Sutoyo No.105 Solo


Perlu saudara ketahui seumpama tunggakan tersebut belum ada juga penyelesaian dalam saat satu minggu setelah disampaikannya surat ini, maka hal tersebut bakal jadi bahan pertimbangan kami, untuk selesaikan urusan penagihan ini selanjutnya bakal kami serahkan/ limpahkan melalui saluran hukum/ pengadilan Negeri/ kantor pengurusan kekayaan Negara dan lelang, serta kami bakal menempatkan sinyal (plang) tanah /Bangunan jaminan sedang dalam pengawasan kami dan bakal di jual. Demikian untuk mendapat perhatian saudara dan atas kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.


                                               Koperasi Sehat Sentosa                            

Teguh HarijadiEirik Sugiharto

 Pemimpin Cabang                 Supervisor Collection


Tindasan:


Yth. Kepala Kantor Pusat Koperasi Sehat Sentosa (sebagai laporan)

Arsip

 

Belum ada Komentar untuk " Contoh Surat Penagihan Hutang Piutang (Resmi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel